Sabtu, 31 Desember 2011

Ini Semua Gara-Gara Mpok Atik!


Baru-baru ini saya liat iklan Pocari Sweat. Ada cewek-cewek sekelas joget2 di pantai. Nggak, Mpok Atik nggak ikutan joget. Kirain itu yang joget-joget emang orang Asia Timur karena mayoritas mata mereka yang sipit-sipit plus kulit mereka yang putih-putih. Eh ya elah ternyata orang kita jugaaa... Tapi sumpah, Mpok Atik nggak ikut. Nah, barusan saya juga cari-cari info, data-data, dan berita-berita terbaru seputar dunia entertainment dan dunia keartisan –saya jarang nonton tipi sekarang, dan ternyata, segerombolan cewek itu terkumpul dalam sebuah group Idol nyang namanya JKT48. Berasa rada-rada akrab gitu nama groupnya. Dan ternyata eh iya, AKB48, group idol asal Jepang. Sebenarnya saya kurang suka dengan segala macam bentuk girlband dan group idol. Tapi karena saya hidup, tumbuh dan berkembang di daerah yang pada akhir tahun 2012 ini LATAH sama girlband girlband –dan hingga akhirnya menjamurlah girlband-boyband KW an, mau tidak mau saja juga hapal sedikit irama, sedikit lagu, dan sedikit nama group mereka. Bahkan waw. Saya juga punya 2 buah pidio SNSD, yang judulnya gee dan genie, serta 2 buah pidio super junior, yang judulnya sorry-sorry serta parodinya.

Balik lagi ke JKT48, saya juga mikirnya apa ini hasil produk “ngekor” juga ya? Kalo iya, bengak kali orang ngekor pake nama-nama sama dengan yang diekorin, AKB48. Eh ternyata JKT48 ini sistergroupnya AKB48. Udah resmi dan kata orang2 di group facebook JKT48, “Group idol yang emang dirancang dan diurus dengan baik, nggak asal-asalan”. Gila, jaman sekarang emang “ngekor” bisa dengan berbagai macam cara dan variasi. Ada yang dengan cara binal, sekedar cari-cari sensasi aja, sampai ke yang baik-baik, yang emang resmi, diatur sedemikian rupa, tapi tetep aja, NGEKOR! :D

Apalagi di iklan pocari sweat itu JKT48 juga ngover lagu Heavy Rotationnya AKB48, dan juga kata orang2 di group fb, JKT48 bakal nyanyiin Heavy Rotation versi Indonesiahh. Memang jurus jitu banget untuk narik penggemar, secara AKB48 emang udah punya banyak fans di Indonesia. (Pikiran saya jadi ngelantur, andaikan nantinya ada PDG48 atau MDN48, apakah mereka akan menyanyikan Heavy Rotation dengan bahasa padang atau medan? Ai Lop Yuuuu... Ai Need Yuu...HORAS! HORASS! trus mereka joget-joget pakai ulos. Bagi cewek2 PDG48 mereka bisa pake suntiang atau sulaman, dan joget-joget sembari makan rendang. Aha! Ide saya ini barangkali bisa mengakali JKT48 atau 48 48 lainnya biar nantik gak dibilang ngekor-ngekor amat. Selain itu ada nilai budaya yang ditonjolkan. Gak cuma paha dada paha dada aja). Di officialnya mereka bilang, "Kami ingin menciptakan tempat bagi para perempuan Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka". Tapi yo jangan dengan cara latah-latah gini lah... Kesian..

Saya juga mikirnya emang jenius kali lah si Yasushi Akimoto, nyang jadi produser AKB48 dan sistergroupnya JKT48. Jeli liat ladang bisnis. Tau banget kalo orang-orang indo lagi mabok girlband-boyband KW, nah Yasushi Akimoto ini menghadirkan KW,  tapi dengan format RESMI! Cerdaaasss... sehingga masyarakat kita menilai, wah, ini produsernya AKB48 langsung yang turun tangan. Jadi kesannya agak-agak highclass. Padahal tetap aja ngekor.. Emang kapitalis sekali.

Bener kata Raditya Dika di Stand Up Commedy. “Ada aaaapa dengan Indonesia...?”. Memang, jaman sekarang hampir gak ada yang original, karena yang original pun terinspirasi dari yang sudah ada duluan. Tapi paling tidak, cobalah sesuatu yang beda. Sesuatu yang bikin kita punya ciri khas. Kita punya ciri khas, dan itu yang harus dipertahankan. Pasti ini semua gara-gara Mpok Atik di pilem Gerhana dengan ciri khasnya yang latah, hingga akhirnya semuanya jadi ikut-ikutan latah.

Mpok Atik: salah gue apeeeee?? Eh ape.. eh ape..
'-_-

3 komentar:

Hasep mengatakan...

haha, saya juga gak habis pikir, kalau ada lagi PPA48 Idol, walau saya memang tidak tahu sama sekali apa itu 48 48 an, tapi kalau yang anda gambarkan itu seperi itu pulak, bagaimana kalau ada PPA48 idol, papua, mereka joged sambil memanah manah, sekali manggung seratus korban tewas terkena anak panah. gila sekali cewek cewek papua yang tidak pandai memanah, jadinya belajar memanah demi mepertahankan citra ke-papua-annya... setelah semua terjadi, saya paling tidak bisa menerima boybandgirlband apalah namanya itu, mungkin saya lebih suka lagu memori daun pisang yang di re-singing menjadi rock, yang saya buat sendiri, walaupun mengekor, tapi ekornya ekkor kuda seperti ikat rambut neng mida,.

TS Frima mengatakan...

Kasian Mpok Atik.
Dan kasian itu boyband girlband.

Unknown mengatakan...

nonton film online dewasa
nonton film online anak-anak
nonton film online semi
nonton film online bokep
nonton film online remaja
nonton film online gaul

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails