Rabu, 30 Januari 2013

#1 One Piece - Straw Hat Pirates!!

Straw Hat Pirates adalah sebuah nama kelompok bajak laut di manga One Piece. Sebuah kelompok yang sungguh sangat sangat saya sukai. Kelompok ini berbeda dari bajak laut yang lain. Runtuh sudah bayangan-bayangan saya tentang image bajak laut semenjak membaca komik ini. Ketika kita membayangkan bajak laut, pasti akan langsung terbayang sosok-sosok yang kejam, brutal, bar-bar, jahat, licik, pokoknya gak ada baik-baiknya lah. Banyak hal yang bikin saya berpikiran seperti itu. Mulai dari novelnya Alfred Hitchcock Trio Detektif, yang waktu itu di novel tersebut ada sedikit bagian yang menceritakan tentang bajak laut viking yang bar-bar dan brutal (lupa ceritanya, soalnya waktu itu masih SD), hingga film Pirates of Caribbean, kayaknya kok bajak laut itu imagenya jelek-jelek dan emang kayak penghuni neraka semua mau tampang sama kelakuan, jelek!
Kapten Jack Sparrow di Pirates of Caribbean pake rambut gimbal segala ala-ala penyanyi reggae


membinal

Tapi kelompok ini berbeda! Eiichiro Oda membuat image kelompok utama ini sebagai kelompok bajak laut yang mudah disukai oleh semua orang. Di komik ini, kelompok bajak laut Topi Jerami ditakuti bukan karena tampangnya yang beringas dan kelakuannya yang jahat. Mereka ditakuti karena kekuatan mereka. Mungkin lebih cocoknya disegani kali ya daripada ditakuti. Sampai sekarang, anggotanya ada 9 orang, dan entah kenapa, semuanya gokil-gokil dan aneh-aneh! Memang, ada beberapa kru yang pada dasarnya pendiam, akan tetapi Eiichiro Oda mampu membuat tokoh berkarakter pendiam dan dingin juga bisa mengocok perut pembaca. (hahaha ketika ngetik ini pun saya langsung terbayang salah satu plot ketika beberapa kru yang cool itu bertingkah aneh-aneh LOL!)


bandingkan sama yang di bawah ini (nunjuk ke bawah)


Ciri khas dari komik One Piece ini yaitu yang pertama, petualangan baru selalu dimulai ketika mereka baru saja sampai di sebuah pulau. Pada plot ini biasanya saya selalu penasaran, kira-kira seperti apa ya pulaunya, bagian negara yang mana lagi yang akan diambil referensi oleh Eiichiro Oda. Soalnya, setiap pulau/daerah di komik One Piece, memiliki kebudayaan masing-masing dan sebagiannya diambil dari kebudayaan di dunia nyata. Contohnya, Desa Fusha di Daerah East Blue yang merupakan kampung halamannya Kapten Bajak Laut Topi Jerami, Monkey D. Luffy, identik dengan negara Belanda karena ada banyak kincir angin di sana. Ketika mereka tiba di Kerajaan Arabasta juga, lebih bernuansa timur tengah, lengkap dengan unta, masyarakatnya yang pakai kerudung, piramid-piramid, oase, dan gurunnya. Kemudian ketika mereka sampai di Pulau Water Seven, identik dengan Venesia karena di sana ada kanal-kanal, bangunan-bangunan yang sebagian besar dibangun di atas air, aqua alta dan acqua alta, serta kebudayaan karnaval di sungainya. 



Venice

Water Seven

 Acqua Alta

Aqua Laguna

Ciri khas yang kedua yaitu, setiap battle, tiap kru mendapatkan lawan masing-masing. Saya juga suka bagian yang ini karena jurus-jurus mereka yang keren-keren. Eiichiro Oda juga membuat dialog-dialog yang menarik ketika di plot ini, dan gak lupa juga kadang dibumbui dengan sedikit dialog yang bikin kita ketawa. Jadi, walaupun berada di plot battle, suasananya gak terlalu menegangkan. 

Straw Hat Pirates vs Baroque Works

Ketiga, setiap setelah battle, selalu ada pesta!!! Saya sangat suka bagian ini (oke kayaknya saya suka semua semua cerita one piece) karena di plot ini lah kayaknya seluruh dialog-dialog yang lucu dan bikin ketawa berkumpul. Jadi intinya plot ini isinya senang-senang lah ya.

Becoming the Pirate King can come later. Time to eat and party first (ketika di Punk Hazard)

Ciri khas terakhir menurut saya yaitu, di One Piece ini, setiap Luffy merekrut kru baru, selalu ada kisah-kisah yang mengharukannya (kecuali pas merekrut Zorro si kru pertama kayaknya). Bagian yang paling mengharukan menurut saya adalah ketika chapter kisah hidup Chopper, chapter pengorbanan Robin terhadap Straw Hat Pirates, chapter penyelamatan Robin, kisah hidup Robin, serta ketika pemakaman kapal mereka Going Merry di laut DANNN ketika kematian Portgas D. Ace, kakaknya Luffy :'(. Mau dibaca berapa kalipun, chapter yang ini sungguh-sungguh menguras air mata. 

*ngais-ngais tanah ToT

Pernah ketika membaca komik One Piece dan saya nangis, temen saya malah mengira saya baca-baca komik romance. "Ji, ntar pinjam ya, kayaknya One Piece itu romantis banget deh ceritanya," ujar temen saya sambil tersenyum. well iya, one piece ini ceritanya mirip twilight loh.. erghhhhh...  -_-

Oh ya, ini Eiichiro Oda si mangaka komik mahakeren One Piece, yang mungkin pada dulunya adalah seorang primadona kampus kece dan cendikia. lihat saja sosok kelabu yang sedang kita pergunjingkan ini:


Oke, segitu dulu tentang One Piece. Iya emang banyak sih yang sudah bahas tentang manga One Piece ini dan lebihhh lengkap dari pada postingan saya. Tapi walaupun begitu saya masih tetap ingin posting segala hal tentang One Piece menurut versi saya nya. dan saya yakin ini keren. Sekian. 

sok-keren-tapi-sexy-kan

pengen ini tapi mahal pemirsah T-T

sumber gambar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails